SMAN 1 Bawang

 

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada publik, SMAN 1 Bawang terus berbenah dalam bidang IT. Salah satu yang menjadi prioritas adalah terciptanya web sekolah sebagai media informasi ke masyarakat. Sehingga kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan sekolah, dapat segera tersampaikan ke masyarakat luas.

Peran serta semua pihak dalam mengembangkan web sekolah tentu juga sangat diharapkan. Sehingga informasi-informasi yang disajikan di web sekolah akan selalu up to date.

Bagi sekolah, website sama halnya sekolah di dunia maya.  Yang dapat menyajikan informasi tentang sekolah, mengadakan kegiatan belajar-mengajar (e-Learning), memberikan layanan sekolah (Pendaftaran Peserta Didik Baru, Perpustakaan Online), berkomunikasi interaktif, dan lainnya. Secara garis besar website SMAN 1 Bawang diharapkan memiliki fungsi :

  • Sarana Informasi Sekolah
    Sekarang ini informasi bisa di akses dari berbagai perangkat aplikasi.  Mulai dari mobile, berbasis web, dan sebagainya. Ini akan mempermudah akses website sekolah sebagai media informasi yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi sekolah untuk orang tua/wali murid dan masyarakat umum.
  • Media Promosi Sekolah
    Dengan tampilan yang menarik dan fitur yang dimiliki, website sekolah tentunya akan memberikan kesan yang baik dalam pemanfaatan dan pengembangan ICT di sekolah tersebut.
  • Pusat Dokumentasi Sekolah
    Website sekolah dapat menjadi pusat dokumentasi kegiatan-kegiatan sekolah mulai dari kegiatan belajar-mengajar, ekstrakurikuler, dan sebagainya.
  • Perwujudan Sekolah Modern
    Informasi sekolah yang terekam dengan baik pada website sekolah akan memberikan kesan profil sekolah yang berkembang dan sempurna di mata masyarakat yang melihatnya.
  • Pusat Data
    Website sekolah sekarang ini tidak hanya sebagai pusat informasi kegiatan sekolah, namun juga mampu menjadi pusat data, seperti alumni sekolah dan lainnya.
  • Kebijakan Pemerintah Pendidikan
    Sudah jelas jika website sekolah saat ini menjadi sebuah kebutuhan dalam memenuhi kebijakan pendidikan yang semakin berkembang menuju era global. Hal ini perlu dilakukan sebagai respon akan tantangan global dalam bidang pendidikan.
  • Ruang Belajar Online
    Website sekolah juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang belajar online yang memberikan wadah bagi siswa untuk belajar dan berdiskusi dalam media e-learning.
  • Bentuk Ajakan Pemanfaatan TIK
    Sekolah yang memiliki website sekolah secara tidak langsung menunjukan keterbukaan dan pemanfaatan teknologi yang berkembang sekarang ini. Website sekolah yang menjadi sarana dalam belajar merupakan contoh nyata dan sederhana dari keterbukaan ICT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *