Sejarah

Dari SPG Menjadi SMA N 1 Bawang

Seperti halnya manusia,SMA N 1 Bawang pun mengalami revolusi karena pada awalnya pada tahun 1961 sekolah ini didirikan bernama SPG. Namun sejak tahun 1989 SPG diubah namanya menjadi SMA N 2 Banjarnegara dengan masa 1 tahun dan memasuki tahun 90-an secara resmi SMA N 2 Banjarnegara diganti lagi menjadi SMA N 1 bawang hingga sekarang.

Pada tahun 1961 silam lulusan/output  SPG sudah terlalu banyak karena waktu itu hanya terdiri atas 6 kelas yang masing-masing kelas terdapat 20 siswa. Maka tuntutan pemerintah untuk guru SD langsung diambil oleh PTK, dengan penambahan 2 tahun untuk para diploma 2/PGSD hal ini menjadi penyebab utama diubahnya SPG menjadi SMA N 1 Bawang.

Menurut Bapak Sumardi, selaku guru matematika kelas XII dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum mengatakan prestasi siswa-siswa bertambah baik dari tahun ke tahun dan mengalami kenaikan tajam. saat itu UNNES  belum menggunakan UM, Mulanya jalur  PMDK kosong, kemudian meningkat menjadi 4,18,26,41,55,± mencapai 79 siswa,namun setelah adanya UM,siswa yang lolos PMDK mencapai 100 anak.

Untuk susunan kepala sekolah,telah diketahui dalam arsip-arsip sekolah bahwa telah terjadi 6 kali pergantian jabatan diantaranya: kepala sekolah pertama dijabat oleh Bapak Sudarso Marto Suwito,kedua oleh Drs.Kardi Wuryanto,ketiga oleh Drs.Daryadi dengan masa jabatan ½ tahun-1 tahun,ke empat oleh Dra.Sri Sih Rohmajidah yang menjabat terlama di banding kepala sekolah seniornya yaitu selam 7 tahun mulai dari tahun 1995-2002.kelima Drs.Achmad Hosim periode 2002-2006,dan yang terakhir Bapak Budiyanto S.Pd sejak tahun 2006 sampai sekarang.

Sementara itu telah diketahui pula jumlah staff guru pada tahun 1991 mencapai 36-66 orang dan staff TU sendiri hanya terdapat 10 orang.

Waktu pun berjalan dengan cepatnya,tidak mau kalah dengan siswa SPG yang terkenal pintarnya siswa SMA sekarang pun dapat membuktikan peningkatan prestasi baik di bidang akademik  maupun non akademik dengan merebut juara 1,2,3,atau setingkatnya,kemudian kualitas dan kuantitas mutu tenaga pendidik/guru pun semakin meningkat.beserta staff yang lainnya,hal itu menandakan bahwa mutu kualitas dan prestasi yang ada di SMA N 1 Bawang ini tetap menjadi prioritas utama.Untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya dan selalu akan lebih baik dari yang lebih baik.